Uraian Tugas BPP Mamre

JOB DESCRIPTION (URAIAN TUGAS) BPP MAMRE

1.    Ketua Umum

  • Menterjemahkan dan mengimplementasikan visi dan misi GBKP.
  • Menterjemahkan dan mengimplementasikan Pokok-Pokok Peraturan Mamre  (P2P) Mamre.
  • Menggali dan memaksimalkan potensi Mamre GBKP untuk membangun kesatuan dan persatuan sebagai Tubuh Kristus
  • Mengarahkan Mamre GBKP dalam melaksanakan Pokok pokok Peraturan (P2P Mamre) dan seluruh peraturan yang berlaku di GBKP.
  • Bersama dengan ketua-ketua bidang melakukan pembinaan Persekutuan, Kesaksian, dan Pelayanan kepada Mamre.
  • Memimpin Sidang – sidang / rapat – rapat.
  • Membangun hubungan oikumene gereja dan oikumene kemasyarakatan dalam dan luar negeri.
  • Bersama dengan Sekretaris Umum mewakili Mamre GBKP dalam urusan kedalam dan keluar.
  • Bersama dengan Bendahara Umum bertanggungjawab dalam urusan keuangan dan harta benda.

2.    Ketua Bidang Koinonia ( Persekutuan)

  • Menterjemahkan dan mengimplementasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) dan peraturan lainnya yang terkait dengan bidang Koinonia (Persekutuan).
  • Pembentukan / pembinaan Pengurus Mamre Klasis.
  • Melakukan pembinaan / pemahaman P2P Mamre.
  • Mempersiapkan / mengkordiner pembuatan buku PA Mamre.
  • Merencanakan dan melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan terhadap Mamre.
  • Melakukan koordinasi dengan  ketua-ketua bidang lainnya.

3.    Ketua Bidang Marturia ( Kesaksian)

  • Menterjemahkan dan mengimplementasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) yang terkait dengan bidang Marturia (Kesaksian).
  • Melakukan pembinaan kepada Mamre melalui kebaktian keluarga, kegiatan gerejawi, keluarga harmonis, dialog mamre - moria, dialog orang tua - anak, retreat keluarga, dialog antar iman, wisata rohani dll.
  • Merencanakan dan mengkordiner  perayaan – perayaan seperti natal, paskah, HUT, Pentakosta dan perayaan lain serta perayan – perayaan nasional.
  • Merencanakan dan mengkordinir perkunjungan ke daerah PI
  • Melakukan pembinaan melalui seminar, dialog dengan budayawan, dialog dengan kepercayaan lain atau idiologi dan pandangan modern lainnya serta pembinaan musik gereja.
  • Melakukan koordinasi dengan ketua-ketua bidang lainnya.

4.    Ketua Bidang Diakonia ( Pelayanan)

  • Menterjemahkan dan mengimplementasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) yang terkait dengan Bidang Diakonia.
  • Melakukan pembinaan kepada ketua bidang Diakonia Tingkat Klasis.
  • Merencanakan dan mengkoordinir kunjungan-kunjungan sosial.
  • Melakukan pembinaan kepada mamre berdasarkan profesi (petani, pedagang, politisi, birokrat, penegak hukum, pendidikan, medis, keamanan, koperasi (CU) dan lain – lain).
  • Berperan dalam pelestarian lingkungan hidup.
  • Berperan dalam partisipasi pembangunan.
  • Melakukan koordinasi dalam ketua-ketua bidang lainnya.

5.    Ketua Bidang Dana dan Usaha

  • Menterjemahkan dan mengimplemen-tasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) dan peraturan lainnya yang terkait dengan sumber dana.
  • Melakukan perencanaan pengadaan dana (donatur, pemerintah dan badan usaha) .
  • Mengusahakan sumber dana dari warga Mamre (Iuran, kolekte PA dan persembahan).
  • Mengusahakan sumber dana melalui usaha-usaha produktif.
  • Melakukan koordinasi dengan ketua-ketua bidang lainnya.

6.    Ketua Bidang Litbang (Research & Development)

  • Menterjemahkan dan mengimplemen-tasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) dan peraturan lainnya yang terkait dengan penelitian mengenai Mamre.
  • Melakukan  pembinaan Mamre melalui kursus, lokakarya dan lain – lain.
  • Menyiapkan data statistik Mamre Tingkat Pusat.
  • Merencanakan dan melaksanakan pembinaan SDM Mamre dalam mempersiapkan kader pemimpin masa depan.
  • Melakukan penelitian / pengkajian tentang potensi, tantangan dan hambatan Mamre.
  • Melakukan koordinasi dengan ketua-ketua bidang lainnya.

7.  Ketua Bidang Pemberdayaan

  • Menyiapkan rancangan program bidang pemberdayaan ( sosial,budaya, ekonomi, politik dan teknologi) mamre
  • Bersama Kabid Litbang melakukan pemberdayaan
  • Melaksanakan pemberdayaan ke mamre klasis-klasis
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi bidang pemberdayaan
  • Menyiapkan laporan tahunan dan laporan lima tahunan bidang pemberdayaan

8. Sekretaris Umum

  • Menterjemahkan dan mengimplemen-tasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) dan peraturan lainnya yang terkait dengan tugas administrasi Mamre.
  • Melakukan korespondensi dalam dan luar negeri.
  • Melakukan koordinasi dengan ketua – ketua bidang lainnya.
  • Bersama dengan Ketua Umum mewakili mamre dalam urusan kedalam dan keluar.
  • Bersama Ketua Umum menerbitkan Surat Keputusan.
  • Membuat dan mengatur sistem Administrasi.
  • Membuat program bersama Ketua Umum dan ketua-ketua bidang.
  • Membuat laporan tahunan dan lima tahunan.
  • Membuat surat – surat keluar dan kedalam.
  • Membuat agenda Sidang dan Rapat .
  • Memimpin rapat bersama – sama Ketua Umum.
  • Membuat dan mengatur sistem administrasi ke semua tingkatan.

9.    Wakil Sekretaris Umum

  • Menggantikan Sekretaris Umum bila berhalangan.
  • Membuat notulen rapat.
  • Membuat file surat masuk dan keluar.
  • Membuat Laporan Keuangan bersama Bendahara.
  • Membuat daftar inventaris Mamre.

10.  Bendahara Umum

  • Menterjemahkan dan mengimplemen-tasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre) dan  peraturan lainnya yang terkait dengan tugas keuangan.
  • Bersama dengan Ketua Umum bertanggungjawab untuk urusan keuangan dan harta benda.
  • Menerima, menyimpan dan mengeluarkan uang serta mempertanggungjawabkannya.
  • Bersama Ketua Umum, Ketua Bidang, Sekretaris Umum membuat Rapen Rabel.
  • Menyimpan uang dan barang berharga milik Mamre.
  • Menyusun dan membuat Laporan Keuangan.
  • Menyiapkan data keuangan untuk verifikasi.
  • Bersama –sama dengan ketua bidang dana dan usaha mengintensifkan iuran, kolekte dan persembahan.
  • Melakukan pembinaan kepada bendahara-bendahara Mamre Runggun dan Klasis.

11.  Anggota 6 (Enam) Orang

  • Menterjemahkan dan mengimplemen-tasikan Pokok – Pokok Peraturan Mamre (P2P Mamre)  dan peraturan lainnya yang terkait dengan tugasnya.
  • Menyalurkan dan menyuarakan aspirasi mamre dalam proses pengambilan kebijakan dan keputusan dalam sidang.
  • Membantu ketua – ketua  Bidang untuk kelancaran tugas.